Obat Penyakit Hernia

Pengobatan Usus Turun Yang Cepat

Kenali Penyebab Peranakan Turun

Kenali Penyebab Peranakan Turun

Jaringan otot, ligamen, juga kulit di area organ vagina merupakan struktur penyokong yang kompleks untuk menjaga agar organ panggul dan jaringan tetap ada ditempatnya. Proses kehamilan dan persalinan yang terlalu sering dapat membuat organ panggul bergeser atau disebut dengan istilah Peranakan Turun atau juga bisa disebut dengan Turun Berok (Penyakit Hernia).

Didalam dunia media, peranakan yang turun disebut dengan vaginal prolapse. Kondisi ini terjadi saat organ panggul seperti saluran kemih, rahim sampai rektum, turun kedalam vagina bahkan keluar dari organ intim.

Vaginal prolapse terjadi akibat melemahnya otot-otot penyangga rahim yang terjadi karena bertambahnya beban berat rahim saat kehamilan.

Pelemahan otot penyangga rahim sebenarnya merupakan proses alamiah yang terjadi dalam tubuh seorang wanita guna untuk mempermudah proses melahirkan. hanya saja apabila otot-otot tersebut tidak kembali kepada tempatnya secara normal pascamelahirkan, maka rahim akan terus turun hingga keluar dari mulut vagina.

Ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan terjadinya peranakan turun, antara lain merasa ada sesuatu yang turun di vagina, terasa seperti ada bantalan di vagina, susah berjalan perdarahan sampai sulit berkemih atau buang air besar.

Setiap kehamilan memiliki risiko vaginal prolapse. Namun ada beberapa tipe kehamilan yang tinggi risikonya simak penjelasannya dibawah ini.

1.  Kehamilan ganda

Kehamilan dengan dua atau lebih janin akan menyebabkan beban rahim semakin berat. Hal tersebut akan mengakibatkan otot-otot penyangga rahim semakin melemah sehingga akan meningkatkan risiko vaginal prolapse.

2. Ukuran bayi yang besar

Hampir sama dengan kehamilan kembar, ukuran bayi yang besar akan menyebabkan otot penyangga rahim semakin melemah.

3. Proses kelahiran lama

Proses kelahiran yang bisa dikatakan lama apabila lebih dari 24 jam. Saat proses melahirkan, otot-otot penyangga rahim akan membuka dan melemah, akibatnya apabila proses ini terlalu lama akan menyebabkan elastisitas otot berkurang dan semakin sulit untuk kembali keseperti semula.

4. Kehamilan terlalu sering

Semakin anda sering hamil maka akan semakin sering juga otot penyangga rahim mengalami pelemahan dan akan menyebabkan risiko vaginal prolapse.

5. Penggunaan alat vakum

Alat vakum digunakan untuk mempermudah proses melahirkan atau keluarnya bayi dari rahim dikarenakan adanya hal-hal yang mempersulit. Namun alat vakum juga bisa menganggu kekuatan dari otot penyangga rahim.

Updated: March 8, 2016 — 4:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Obat Penyakit Hernia © 2015 Frontier Theme